14 APR 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 340 DILIHAT

5 Tanda Anda Mulai Gemuk

Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) biasanya digunakan untuk mengecek kelebihan berat badan. Tapi, ternyata ada beberapa sinyal tubuh yang juga bisa dijadikan indikator kalau Anda mulai kegemukan. 

1. Pengukuran lingkar pinggang

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda memiliki berat badan yang sehat adalah dari ukuran pinggang Anda. Lingkar pinggang untuk wanita dewasa <80cm, sedangkan pria dewasa <90cm. Lingkar pinggang di atas angka-angka ini menunjukkan lemak perut yang berlebihan, jenis lemak berbahaya di sekitar organ vital, yang meningkatkan risiko diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan sindrom metabolik.

2. Mendengkur

Jika pasangan, sahabat, atau bahkan Anda saat tidur mendengkur berlebihan, saatnya untuk memeriksa berat badan. Sering mendengkur atau jarang tidur nyenyak bisa jadi merupakan indikasi menderita sleep apnea.

Sleep apnea adalah suatu kondisi yang menyebabkan pernapasan berulang kali berhenti dan mulai lagi ketika Anda tidur. Ini dapat menyebabkan hilangnya oksigen dan kelelahan ekstrem selama jam bangun. Kebanyakan orang dengan kondisi ini cenderung mendengkur karena obstruksi jalan napas.

3. Sering mulas

Perubahan berat badan, bahkan yang kecil, dapat menyebabkan lebih banyak refluks asam. Beberapa sumber ResearchTrusted menyarankan ada hubungan antara menjadi gemuk dan penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Gejala lain dari kondisi ini termasuk bersendawa, mual, rasa pahit di mulut Anda, dan sakit perut.

4. Sendi yang sakit

Obesitas adalah faktor risiko osteoartritis, jenis artritis yang paling umum. Osteoartritis adalah kelainan yang melumpuhkan yang menyebabkan kerusakan sendi, nyeri, penurunan mobilitas sendi, dan penurunan kualitas hidup.

Membawa beban ekstra memberikan lebih banyak tekanan pada semua sendi Anda, dan saat Anda menambah berat badan, tekanan meningkat.

5. Kelelahan kronis

Kelebihan berat badan memberi tekanan tambahan pada organ-organ, termasuk paru-paru. Anda pun gampang lelah, sesak napas, atau kesulitan bernapas, meski hanya melakukan aktivitas sederhana seperti menyapu ruangan.