18 NOV 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 205 DILIHAT

5 Minuman Ini Memberatkan Ginjal

Kebiasaan sehari-hari ternyata ada yang berpotensi merusak ginjal dari waktu ke waktu. Stop sekarang, batasi konsumsi 5 minuman ini.

  1. Minuman alkohol
    Menurut National Kidney Foundation, minuman tinggi kadar alkohol meningkatkan risiko cedera ginjal akut sampai penyakit ginjal kronis. Kebiasaan ini bisa memengaruhi kesehatan lever dan ginjal, karena ginjal mesti bekerja lebih keras untuk menyaring alkohol.

  2. Minuman manis, terutama tinggi gula tambahan
    Minuman kemasan yang dijual bebas biasanya mengandung pemanis buatan seperti sirup jagung tinggi fruktosa. Terlalu banyak mengonsumsi minuman ini, tak hanya rentan menderita penyakit ginjal kronis saja namun juga obesitas dan diabetes.

  3. Minuman soda
    Menurut American Kidney Fund, minum 2 atau lebih soda (termasuk diet soda) yang mengandung gula putih olahan tingkat tinggi dan sirup jagung tinggi fruktosa setiap hari, dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

  4. Kafein
    Minuman berkafein, seperti kopi, teh, soda, memiliki sifat diuretik yang mengganggu kemampuan ginjal menyerap air. Asupan kafein yang berlebihan juga dikaitkan dengan sakit ginjal kronis hingga risiko batu ginjal.

  5. Minuman berenergi
    Minuman berenergi biasanya mengandung gula yang tinggi, pemanis buatan, dan sodium, sehingga sering dikaitkan dengan pembentukan batu ginjal.


Alternatif minuman sehat

Nah, bantu ginjal kita, yuk, dengan mengonsumsi minuman yang sehat dan murah seperti air putih. Mengonsumsi air putih yang cukup akan membantu ginjal bekerja maksimal untuk memproses pembuangan racun yang membahayakan tubuh. Namun, jangan sembarangan air putih, lho, pastikan air minummu bebas kontaminan. Caranya, gunakan eSpring™ Water Treatment System di rumah.

eSpring™ Water Treatment System merupakan penyaring air yang meningkatkan rasa, dan kualitas air minum sehari-hari. Secara efektif mengurangi lebih dari 140 kontaminan berbahaya dan mempertahankan mineral bermanfaat seperti kalsium dan magnesium dengan filter karbonnya. Yuk, minum air sehatmu sekarang!

Sumber:

1https://www.kidney.org/atoz/co...

2https://www.kidney.org/news/ki...

3https://healthwire.pk/healthcare/kidney-stones-from-energy-drinks/