19 AUG 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 91 DILIHAT

5 Kebiasaan Sehat Turunkan Tekanan Darah

Punya riwayat keluarga hipertensi? Tak perlu khawatir, karena beberapa perubahan gaya hidup ini bisa membantu mempertahankan tekanan darah yang lebih sehat.

1. Perhatikan asupan garam

Natrium, atau garam, meningkatkan tekanan darah dengan menyebabkan tubuh menahan cairan, yang membebani jantung dan pembuluh darah, menurut American Heart Association (AHA)1.

2. Tingkatkan kualitas tidur

Para peneliti2 menemukan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi, dan untuk setiap jam tidur, risiko hipertensi seseorang menurun sekitar 0,4%. Pastikan tidur berkualitas 7-8 jam setiap malam.

3. Tingkatkan asupan kalium dan magnesium

Sementara garam meningkatkan tekanan darah, mineral lain, yaitu kalium dan magnesium, dapat menurunkannya. Konsumsi makanan utuh yang sehat, terutama buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, dan konsumsi NutriliteTM CalMag D jika perlu.

NutriliteTM CalMag D merupakan suplementasi yang tak hanya mengandung magnesium, namun juga kalsium dan vitamin D.  NutriliteTM CalMag D mengandung kalsium yang bersumber dari rumput laut serta 10 mcg Vitamin D3 per 3 tablet untuk konsumsi harian yang setara dengan 400 IU.

 

4. Berolahraga selama 30 menit 5 hari seminggu

Menurut Mayo Clinic, olahraga teratur memperkuat jantung, sehingga memompa darah dengan lebih sedikit tenaga, yang menurunkan tekanan darah. Meningkatkan detak jantung secara teratur juga dapat membantu menurunkan berat badan atau obesitas yang  merupakan faktor umum lainnya dalam hipertensi.

5. Turunkan berat badan ekstra dan perhatikan lingkar pinggang

Tekanan darah sering kali meningkat seiring bertambahnya berat badan. Ikuti program pengelolaan berat badan yang efektif membantu menurunkan berat badan juga menurunkan kolesterol dan tekanan darah seperti NutriliteTM Fast Fit, yang tak hanya menurunkan berat badan saja namun juga mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.  

Sumber:

1https://scdhec.gov/sites/default/files/Library/ML-025503.pdf

2https://www.everydayhealth.com/womens-health/not-sleeping-enough-linked-to-increased-risk-of-high-blood-pressure/