15 JUL 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 386 DILIHAT

5 Cara Mencegah Pakaian Menyusut & Melar

Sering kesal ketika mencuci, ada pakaian yang melar atau malah menyusut?
Cobain beberapa tips ini, deh, untuk membantu mencegahnya.

  1. Baca label garmen
    Untuk pakaian yang terbuat dari serat alami, cari kata "preshrunk". Beberapa produsen pakaian berhemat dengan merentangkan serat pakaian sejauh mungkin selama produksi sehingga menggunakan lebih sedikit kain. Jika serat disusutkan sebelum kain ditenun atau sebelum garmen dipotong dan dijahit, penyusutan akan berkurang selama masa pakainya

  2. .Baca label cara perawatan
    Untuk mempelajari cara merawat pakaian ikuti panduan mengenai pencucian di label pakaian. Cek juga apakah boleh disetrika atau tidak, karena beberapa pakaian tidak boleh bersentuhan dengan panas untuk mencegah penyusutan.

  3. Gunakan air dingin
    Pilih air dingin atau hangat saat mencuci yang lebih sedikit merusak kain daripada air panas. Gunakan juga deterjen yang tidak meninggalkan residu sehingga lebih aman untuk pakaian dan lingkungan, seperti SA8™ Liquid Concentrated Laundry Detergent. Sabun cuci SA8™ Liquid Concentrated Laundry Detergent adalah deterjen konsentrat cair dengan pH netral yang efektif membersihkan kotoran, bahkan noda membandel sekalipun, mudah larut, menjaga warna pakaian tetap cerah, dan tidak meninggalkan residu, sehingga pakaian pun lebih awet.

  4. Nyalakan siklus lembut
    Gunakan siklus mencuci yang lembut yang tidak terlalu merusak dibandingkan siklus mesin cuci yang memiliki agitasi yang lebih lama dan siklus putaran putaran yang lebih tinggi untuk mengekstraksi air.

  5. Jemur dan biarkan kering sendiri
    Untuk pakaian yang rentan menyusut atau melar seperti kain tenun atau rajutan, keringkan saja dengan menjemur, dan tidak menggunakan pengering mesin cuci. Jika tidak dapat mengeringkan pakaian dengan angin, gunakan pengaturan panas yang lebih rendah pada pengering dan keluarkan pakaian saat agak lembap dan biarkan mengering dengan udara.