10 NOV 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 89 DILIHAT

4 Sumber Polutan Terdekat

Mencari sumber polutan tak perlu jauh-jauh karena ada di sekitar kita dan setiap hari kita hirup. Yuk, kita pikirkan bagaimana cara mencegah polutan merusak kesehatan kita.

  1. Pabrik
    Pabrik seperti kilang minyak atau lainnya, menambah polusi udara ke atmosfer dalam bentuk logam beracun, partikulat, dan banyak gas yang berbeda. Beberapa dari gas tersebut menyebabkan pembentukan ozon di permukaan tanah serta berkontribusi terhadap pemanasan iklim karena efek rumah kaca.

  2. Jalan raya
    Pembakaran bensin dan solar melepaskan partikel, nitrogen oksida, karbon monoksida dan senyawa organik volatil (VOC), serta karbon dioksida, ke udara. VOC dapat bereaksi dengan nitrogen oksida untuk menghasilkan polusi ozon. Polusi udara dari kendaraan bermotor dapat membahayakan kesehatan, misalnya, nitrogen oksida memperburuk asma dan meningkatkan risiko infeksi.

  3. Asap kayu
    Asap kayu mengandung tar kayu, gas, dan jelaga, serta bahan kimia seperti karbon monoksida, dioksin, senyawa organik yang mudah menguap (VOC), dan partikel halus. Paparan jangka pendek terhadap partikel halus di udara dapat memperburuk penyakit paru-paru, memicu serangan asma dan bronkitis akut.

  4. Udara dalam ruangan
    Kita cenderung menganggap polusi udara sebagai sesuatu di luar, tetapi udara di dalam rumah, kantor, dan bangunan lain bisa lebih tercemar daripada udara luar. Padahal kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah, yang konsentrasi beberapa polutan seringkali dua hingga lima kali lebih tinggi daripada konsentrasi di luar ruangan.

    Tips pencegahan
    • Saat berkendara mobil, tutup jendela saat lalu lintas dan atur sistem ventilasi untuk resirkulasi udara untuk menghindari menghirup knalpot kendaraan. Pasang Atmosphere Drive™, perangkat penyaring udara di dalam mobil yang mampu menghilangkan polutan (PM2.5) hingga 99% sehingga udara didalam mobil lebih bersih dan sehat.
    • Pilih rute mengemudi yang jarang dilalui, terutama dengan kendaraan diesel.
    • Di rumah, pasang Atmosphere Sky di rumah. Atmosphere Sky merupakan penjernih udara dengan 3 in 1 filter yang efektif menghilangkan 99,99% partikel sekecil 0,0024 mikron. Untuk ruangan berukuran 18,6m2 gunakan Atmosphere Mini. Rumah pun berudara bersih, bebas bau, virus, polusi, debu, allergen, dan jamur.