01 SEP 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 192 DILIHAT

4 Manfaat Zinc

Tahukah kamu, tubuh tidak bisa menyimpan zinc. Makanya perlu banget asupan zinc cukup setiap hari. Simak, yuk, apa saja manfaat zinc bagi tubuh kita.

Apa itu zinc?

Menurut U.S. National Institute of Health, zinc (seng) merupakan nutrisi penting yang ditemukan dalam sel-sel di seluruh tubuh kita dan dibutuhkan untuk perkembangan yang sehat dan untuk menjaga kesehatan yang optimal.

Apa manfaat zinc bagi tubuh?

  1. Membantu tumbuh-kembang
    Selama kehamilan, bayi dan masa kanak-kanak, zinc diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal. Mengapa? Karena tubuh kita membutuhkannya untuk melakukan fungsi utama, seperti membuat protein, DNA, dan materi genetik.

  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Untuk mendukung pertahanan alami diperlukan asupan harian zinc yang cukup. Fungsi hampir semua sel kekebalan tubuh kita sangat bergantung pada masing-masing sel yang memiliki jumlah zinc yang cukup.

  3. Membantu ketajaman indera perasa dan penciuman
    Berkat zinc, kita bisa menikmati aroma bunga yang indah atau menikmati rasa makanan favorit. Salah satu enzim yang menjadi kunci agar kedua indera itu berfungsi dengan baik adalah bergantung pada zinc. Jika tubuh tidak mendapatkan zinc yang cukup, maka kejamanan indera perasa dan penciuman akan berkurang.

  4. Membantu menjaga kesehatan mata
    Zinc sangat terkonsentrasi di mata dan memainkan fungsi kunci dalam mengangkut vitamin A dari hati ke mata untuk menghasilkan melanin, yang bertindak sebagai pigmen pelindung.


Di mana mendapatkan zinc?

Zinc banyak terkandung dalam makanan seperti tiram, daging sapi, daging ayam, tahu, kacang-lacangan, yoghurt rendah lemak, cokelat hitam, mentimun, makanan laut seperti kepiting dan lobster, sereal sarapan yang diperkaya dan biji-bijian.

Jika tidak cukup dari makanan, tambahkan Nutrilite™ I-Defense yang menyediakan 20mg zinc dalam porsi hariannya. Nutrilite™ I-Defense merupakan kombinasi unik dari beberapa nutrisi esensial seperti zinc, holy basil, selenium, copper dan citrus bioflavonoid yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.