21 NOV 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 1126 DILIHAT

3 Manfaat Mencuci Buah & Sayuran

Semua orang tahu harus mencuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi. Namun, tahukah kamu apa alasan sebenarnya dan bagaimana cara tepat mencucinya?

  1. Menghilangkan pestisida dan bahan kimia yang masih menempel
    Buah-buahan dan sayuran sarat dengan pestisida dan bahan kimia yang bisa menimbulkan ancaman bagi kesehatan manusia dengan merusak sistem saraf dan reproduksi, mengganggu sistem kekebalan tubuh, dan bahkan menyebabkan kanker dalam beberapa kasus.

  2. Mencegah kontaminasi
    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (The Centers for Disease Control and Prevention) mengatakan bahwa kebiasaan mencuci buah dan sayuran di bawah air mengalir dapat mencegah terinfeksi penyakit bawaan makanan seperti norovirus, yang merupakan penyebab utama wabah penyakit di negara itu dari makanan yang terkontaminasi.

  3. Memastikan buah dan sayuran aman dikonsumsi
    Mencuci buah dan sayuran memastikan bahwa kita tidak memakan kotoran fisik, kerikil, serangga, dan sisa kotoran lainnya. Produk juga dapat melewati banyak tangan sebelum sampai ke dapur, jadi pembilasan yang baik akan menghilangkan kuman dari orang lain.


Bagaimana cara mencuci buah dan sayuran?

Cuci buah dan sayuran sebaiknya dicuci di bawah air yang mengalir minimal 20 detik, atau sampai bersih menyeluruh. Namun, beberapa jenis buah-buahan seperti yang berpori tidak bisa bersih hanya dengan air mengalir saja.

Kamu bisa menggunakan Dish Drops™ Concentrated Dishwashing Liquid untuk membantumu membersihkan kotoran, bakteri, dan sisa pestisida yang menempel di buah-buahan dan sayuran. Dish Drops™ Concentrated Dishwashing Liquid dikenal sebagai sabun cuci piring konsentrat yang terbuat dari surfaktan ringan yang mengandung ekstrak lidah buaya, namun juga aman untuk mencuci buah dan sayuran.