30 MAR 2021 TIPS BISNIS 2 MENIT DIBACA 586 DILIHAT

Tips Aman Gaet Pelanggan Lewat Media Sosial

Menurut Statistica*, jumlah pengguna media sosial di seluruh dunia diperkirakan mencapai 3,02 miliar pengguna aktif per bulan pada 2021. Jumlah ini adalah sekitar sepertiga dari seluruh populasi dunia! Artinya, peluang mengembangkan bisnis lewat media sosial sangat terbuka lebar.

Bantu ABO melihat peluang

Sayangnya, tak semua ABO menyadari peluang ini. Sebagai Leader, Anda bisa membantu ABO dengan cara:

  • Mengajak ABO untuk perlahan beradaptasi dengan teknologi dan yakinkan kalau teknologi ini diciptakan untuk membantu dan mempermudah ABO menjalankan bisnisnya.
  • Ingatkan juga untuk selalu mengikuti aturan berkomunikasi sesuai DCS (Digital Communication Standard) atau Standar Komunikasi Digital Amway agar terhindar dari permasalahan kode etik maupun hukum.

Strategi bisnis memanfaatkan media sosial

Berikut beberapa strategi bisnis menggunakan media sosial yang bisa dilakukan oleh ABO:

1. Menentukan target audiens di media sosial

Sebelum mulai memposting sesuatu di media sosial, pastikan ABO telah melakukan riset tentang target pasar. Riset ini akan membantu memutuskan apa, kapan, di mana, dan apa isi postingannya, serta pastikan sudah sesuai dengan aturan komunikasi DCS.

2.  Menggunakan video singkat untuk memikat

    Agar menarik, postingan ABO jangan melulu tentang tulisan. ABO bisa menyertakan video singkat yang menarik dan menggugah keingintahuan yang melihatnya. Misalnya dokumentasi peluncuran atau review produk baru yang dikeluarkan oleh Amway. Cek aturan menayangkan video menurut DCS agar video yang Anda tayangkan tidak mendatangkan masalah kemudian. http://bit.ly/DCS-KodeEtik

    3.  Beri bukti bukan janji

      Jangan pernah lupa bahwa pelanggan benci "dijual", tetapi suka membeli. Jadi berikan konten yang memecahkan masalah mereka. Misalnya saja testimoni before dan after sebelum menggunakan Artistry, foto keseharian bergaya hidup sehat dengan Nutrilite, dan diet sehat menyenangkan dengan BodyKey.

      4.  Berbagi cerita

        Jika ingin bisnis ABO bertahan dalam ujian waktu, ABO harus membagikan kisah bisnisnya di media sosial untuk membedakan dari pesaing, membangun hubungan yang dalam dan kepercayaan dengan pelanggan, serta mendapatkan loyalitas pelanggan.

        5.  Berpedoman pada kode etik Amway yang berlaku

          Jangan lupa patuhi ketentuan kode etik yang berlaku agar Anda bisnis lancar dan terhindar dari masalah. Untuk mendapatkan materi kode etik tentang DCS silakan download link di http://bit.ly/DCS-KodeEtik

          * https://www.statista.com/topics/1164/social-networks/

          Sumber:

          https://news.law.fordham.edu/jcfl/2018/11/04/the-rise-of-entrepreneurship-and-social-media/

          https://www.entrepreneur.com/article/249379

          https://lassonde.utah.edu/how-entrepreneurs-can-make-the-most-of-social-media/