12 APR 2021 TIPS BISNIS 2 MENIT DIBACA 464 DILIHAT

Ingin Sukses Bisnis? Ayo, Terus Belajar

“Learning is the eye of mind”, begitu kata pepatah Prancis. Banyak hal yang bisa dipelajari setiap hari, bahkan masalah pun memberi pembelajaran baru. Buka mata, keluar dari zona nyaman, pelajari dengan cepat, karena pengetahuan adalah kekuatan untuk mencapai banyak hal.

Mengejar minat

Menggeluti sesuatu yang merupakan passion akan lebih menantang dan memicu semangat. Luangkan waktu untuk menemukan minat, mengembangkan keterampilan, dan memperluas perspektif.

Membuka diri

Jika mau mengembangkan sikap membuka diri, maka dengan mudah akan terhubung dengan orang lain, yang otomatis peluang baru, sumber daya, dan kontak jaringan pun semakin terbuka lebar.

Kerjakan dasar-dasarnya

Jika ingin mempelajari sesuatu yang kompleks atau membutuhkan pengetahuan tingkat lanjut, jangan ragu untuk menyelami hal-hal sulit. Ikuti saran Elon Musk, yaitu pelajari dasar-dasar dan kerangka kerja konseptual sebelum mencoba menguasai materi yang lebih canggih.

Membuka potensi

Hargai umpan balik yang diberikan oleh orang lain karena bermanfaat membuka potensi tersembunyi. Kecintaan untuk terus belajar tak hanya bermanfaat untuk diri sendiri namun juga mendukung pertumbuhan orang lain.

Berani mencoba cara baru

Kita bakalan jalan di tempat kalau terlalu nyaman dengan kondisi sekarang. Coba tantang diri sendiri untuk menjajal sesuatu yang baru. Gagal? Bangkit lagi, dong! Lihatlah kegagalan sebagai suatu peluang untuk belajar dan tumbuh.

Belajar dari kesalahan

Perlakukan kesalahan sebagai informasi, bukan kegagalan. Jika hanya bergantung pada hasil, maka kita akan menilai kesalahan saja. Sebaliknya, jika mau mencari tahu letak kesalahannya, maka akan belajar sesuatu, dan memperkuat pengetahuan. Perlakukan proses mencari tahu apa yang salah sebagai kemenangan itu sendiri.

Selalu mengikuti tren

Update informasi dengan mendengarkan membaca berita, mendengarkan podcast, nonton video, berlangganan buletin, atau baca sesuatu untuk mengikuti tren terkini. Misalnya tren marketing sekarang ini lebih efektif dengan sharing pengenalan produk menggunakan media sosial atau berbagi cerita dengan sesama anggota komunitas.

Sumber:

https://www.viacharacter.org/character-strengths/love-of-learning

https://www.lifehack.org/articles/featured/learn-something-new-every-day.html

https://www.thegoodlifecentre.co.uk/10-reasons-to-learn-something-new-everyday/