13 JUN 2021 BISNIS 2 MENIT DIBACA 958 DILIHAT

Tipsnya Bangun Networking Bagi Introvert

Memiliki kepribadian introvert yang cenderung pemalu atau pendiam biasanya mengalami kesulitan ketika berhubungan dengan sisi sosial. Tetapi mengelola keterampilan hidup Anda sebenarnya adalah bagian penting dari pertumbuhan Anda sendiri dalam berkarier.

Beberapa tip dan kebiasaan mudah dapat membantu memudahkan Anda dalam situasi networking ini.

1.  Persiapan, persiapan, persiapan

    Masuk ke situasi yang tidak nyaman dengan rencana permainan adalah cara terbaik untuk memulai. Berikut persiapan yang bisa Anda lakukan:

    • Sebelum acara networking dimulai, luangkan beberapa menit untuk memikirkan pertanyaan apa yang mungkin ingin Anda tanyakan kepada orang lain.
    • Jika Anda khawatir bertanya kepada mereka akan membuat Anda gugup, tuliskan pertanyaan-pertanyaan itu sebelumnya dan praktikkan menanyakannya.
    • Saat Anda mendapat kesempatan untuk mengungkitnya dalam percakapan, Anda akan dapat melakukannya dengan mudah.
    2.  Fokus pada bertemu individu, bukan seluruh kelompok

      Masuk ke sebuah ruangan dan dihadapkan dengan kelompok besar bisa terasa sedikit menakutkan. Coba persempit fokus Anda untuk bertemu dan berbicara dengan orang-orang tertentu saja. Jadikan tujuan Anda untuk terhubung dengan beberapa orang penting di ruangan, bukan setiap orang, sehingga Anda memiliki beberapa percakapan yang bermakna dan mendalam, ketimbang basa-basi.

      3.  Gunakan saluran lain

        Networking online adalah salah satu cara untuk mengimbangi fungsi grup yang lebih besar. Facebook, instagram, dan twitter bisa menjadi ruang yang bagus dan nyaman untuk berbagi ide, tip, dan bahkan membuat grup obrolan online di platform media sosial tempat Anda dapat menjalin networking secara teratur.

        4.  Berani mengajukan pertanyaan spesifik

          Pastikan untuk selalu menyediakan daftar pertanyaan spesifik yang diperbarui. Seringkali, hubungan terbaik dan paling bermakna dapat mencakup pembicaraan tentang perjalanan, makanan, atau hobi yang disukai orang lain. Percakapan yang lebih pribadi ini akan membantu Anda lebih berkesan daripada sekadar mengobrol tentang pekerjaan.

          5.  Ingatlah untuk menindaklanjuti setelah perkenalan

            Saat Anda terhubung dengan seseorang di acara jaringan, kirim email keesokan harinya untuk menindaklanjuti. Jika Anda akan benar-benar cocok dengan seseorang selama acara networking, Anda bisa mengirimi hadiah kecil yang bermakna seperti Mini Size Top to Toe Pack yang berisi G&H Refresh Body Milk 60 ml, G&H Refresh Body Wash Gel 60 ml, Satinique 2 in 1 Shampo 40 ml, Pouch Cantik, yang pasti berguna.