12 NOV 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA

Kenali Karies Gigi

Karies gigi adalah masalah kesehatan gigi umum yang seringkali disepelekan. Jika tak segera diatasi bisa menyebabkan masalah gigi yang parah.

Gejala karies gigi

Biasanya ditandai dengan noda kecil yang tersembunyi pada celah gigi akibat demineralisasi, yaitu pengikisan pada lapisan email/enamel gigi. Lambat laun kerusakan menyebar hingga ke lapisan dentin, bagian bawah email gigi.

Enamel yang melemah kemudian runtuh lalu membentuk rongga dan gigi semakin rusak. Karies juga dapat menyerang akar gigi, bahkan bisa menyebabkan resesi gusi (turunnya gusi) sehingga bisa kehilangan gigi.

Apa penyebabnya?

Umumnya karies disebabkan karena kebiasaan jarang menyikat gigi dan mengonsumsi makanan manis sehingga mempercepat tumbuhnya plak. Makin lama plak akibat sisa kotoran dan bakteri yang menumpuk, lalu asam pada plak mengikis mineral pada enamel, hingga terbentuklah karies gigi.

Cegah dari sekarang

Karies gigi yang parah bisa menyebabkan berbagai gangguan pada gigi seperti nyeri dan sakit yang hebat. Untuk mengatasinya sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter gigi langganan.

Namun, sebenarnya karies gigi bisa dicegah munculnya, lho, dengan cara:

  1. Rajin menyikat gigi
    Biasakan menyikat gigi 2 kali sehari, terutama sebelum tidur malam.

  2. Mengurangi makanan manis
    Sisa makanan manis yang tertinggal pada gigi sangat disukai bakteri, sehingga makin banyak asam yang dihasilkan. Asam jika bercampur dengan ludah akan memicu munculnya plak.

  3. Mengonsumsi makanan yang bagus untuk gigi
    Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium (sayuran yang berwarna hijau tua, susu rendah lemak, yoghurt,dan kacang almond), Fosfor (telur, ikan, daging tanpa lemak, susu, kacang-kacangan), juga vitamin C (jeruk, tomat, paprika, brokoli).

  4. Menggunakan Glister Multi-Action Fluoride Toothpaste
    Pasta gigi ini bisa menjaga kesehatan gigimu karena:
    - Mengandung hydrated silica yang berfungsi sebagai bahan pemoles yang lembut dan nonabrasif pada enamel untuk membersihkan gigi dan membantu menghilangkan noda plak pada gigi.
    - Teknologi ReminactTM membantu proses remineralisasi (mengembalikan ion mineral yang hilang dari enamel gigi), membantu menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang, dan mengembalikan warna alami gigi.