27 JUL 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 119 DILIHAT

Gigi Anak Goyang? Ini Yang Harus Dilakukan

Biasanya di usia 6 tahun (paling cepat 4 tahun), anak mulai kehilangan gigi susunya yang nantinya digantikan gigi permanen. Tak perlu panik, berikut ini yang harus dilakukan untuk membantunya.

Cara tepat membantu gigi goyang

Menurut American Academy of Pediatric Dentistry*, cara terbaik untuk membantu anak yang mengalami gigi goyang adalah dengan membiarkannya tanggal sendiri. Biarkan anak menggoyangkan giginya menggunakan lidah dengan gerakan maju mundur atau menyentuhnya dengan lembut menggunakan jari yang bersih. Pada waktunya, gigi akan rontok dengan sedikit rasa sakit atau darah.

Hindari ini

Mencabutnya dengan paksa atau mendorong anak untuk mencabutnya sebelum siap. Gigi yang lepas hampir selalu mudah tanggal dengan sendirinya. Namun, pencabutan gigi secara paksa dapat menyebabkan rasa sakit, pendarahan, atau kerusakan pada mulut.

Kapan ke dokter?

Ada saatnya menghadapi situasi harus ke dokter gigi, yaitu:

  • Anak merasa tidak nyaman dan kesakitan. Biasanya disebabkan gigi mungkin patah atau retak, atau akar gigi mungkin terinfeksi.
  • Gigi permanennya goyang, bisa karena trauma (jatuh atau patah terkena bola) atau penyakit gusi lainnya.
  • Kadang-kadang gigi goyang sakit atau mengganggu sehingga anak tidak bisa tidur nyenyak. Selain itu, jika gigi goyang mengganggu kemampuan mereka untuk makan atau minum.
  • Gigi permanen tumbuh, sementara gigi susunya belum tanggal.

Rawat gigi anak dengan GlisterTM

Meskipun gigi goyang, anak harus tetap merawat giginya dengan menyikat gigi paling tidak 2 hari sekali, terutama sebelum tidur. Untung saja ada rangkaian produk Glister untuk anak yang pasti membuat anak semakin semangat menggosok gigi.

  • Glister™ Kids Tootbrush
    Anak pasti menyukai desainnya yang menarik dan mudah dipegang. Glister™ Kids Tootbrush memang dirancang khusus untuk merawat perkembangan gigi dan gusi anak usia 2 tahun ke atas, memiliki bulu sikat lembut yang efektif membersihkan hingga ke sela gigi termasuk gigi belakang yang sulit dijangkau, sekaligus melindungi gusi.

  • Glister™ Kids Toothpaste
    Anak pasti menyukai rasa strawberry-nya yang enak dan bebas gula. Glister™ Kids Toothpaste merupakan pasta gigi mengandung fluoride khusus untuk menjaga kesehatan gigi anak-anak berusia dua tahun ke atas, dengan teknologi REMINACT™ yang membantu mencegah gigi berlubang dan melindungi enamel.

Sumber: 

*https://www.mychildrensteeth.o...