27 FEB 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 279 DILIHAT

Cegah Obesitas pada Anak

Selama beberapa dekade terakhir, obesitas telah menjadi masalah kesehatan yang cukup besar. Bahkan, dianggap sebagai epidemi di Amerika Serikat. Tak hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga terjadi pada anak.

Menurut statistik dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kira-kira 93,3 juta orang dewasa (39,8 persen) dan 13,7 juta anak dan remaja dari sumber terpercaya (18,5 persen) di Amerika Serikat mengalami obesitas.

Meskipun setiap tahun persentase meningkat, ada banyak cara untuk mencegah obesitas pada anak-anak.

  1. Beri ASI ketika bayi
    Terapkan tata pemberian makan yang benar sejak bayi, dimulai dengan pemberian ASI ASI minimal sampai ia berusia 6 bulan. Lalu bertahap kenalkan MPASI dengan tekstur bertahap. Kenalkan anak dengan sayuran sedini mungkin, agar ia mulai belajar mencintai makanan sehat.

  2. Beri makan sesuai usianya
    American Academy of Pediatrics menjelaskan bahwa balita tidak membutuhkan makanan dalam jumlah besar. Dari usia 1 hingga 3, setiap inci tingginya, berarti anak membutuhkan sekitar 40 kalori dari asupan makanan.

  3. Bangun hubungan awal dengan makanan sehat
    Dorong anak Anda untuk mencoba berbagai buah, sayuran, dan protein yang berbeda sejak usia dini. Seiring bertambahnya usia, mereka akan tertarik untuk terus menjadikan menu makanan sehatnya.

  4. Makan bersama
    Membiasakan makan bersama-sama di meja makan bersama keluarga memungkinkan anak-anak untuk mengalami makan sehat sejak dini, Kebiasaan ini akan memudahkan mereka untuk terus mengikuti kebiasaan makan yang baik saat mereka tumbuh menjadi orang dewasa.

  5. Anjurkan makan perlahan dan hanya saat lapar
    Makan berlebihan bisa menyebabkan kelebihan bahan bakar yang akhirnya disimpan sebagai lemak tubuh dan dapat menyebabkan obesitas. Dorong anak untuk makan hanya ketika mereka merasa lapar dan mengunyah lebih lambat untuk pencernaan yang lebih baik.

  6. Batasi makanan tidak sehat dalam rumah tangga
    Cobalah untuk mengisi lemari es dan dapur dengan makanan sehat, dan biarkan camilan yang kurang sehat sebagai "makanan" langka.

  7. Pastikan anak cukup tidur
    Kebiasaan tidur yang sehat dari National Sleep Foundation termasuk jadwal tidur, ritual tidur, dan bantal dan kasur yang nyaman, akan membuat anak beristirahat dengan tenang. Anak yang susah tidur cenderung merasa lapar dan muncul keinginan mengemil.

  8. Cerdas memenuhi kebutuhan gizinya
    Jika anak sedang malas makan, jangan tawari snack atau junk food. Tetap sajikan menu makanan sehat dan pastikan kebutuhan gizinya seperti sayuran dengan menyediakan NutriliteTM Chewable Concentrated Fruits & Vegetables, yang memberi manfaat buah dan sayur dalam bentuk tablet kunyah yang enak. Kandungan fitonutrisi di dalamnya setara dengan lebih dari 3 porsi sayuran dan buah dalam setiap tablet untuk perlindungan dari radikal bebas, revitalisasi sel tubuh serta mendukung kesehatan kardiovaskular anak.