29 MAY 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 941 DILIHAT

6 Tanda Kelebihan Karbohidrat

Meskipun enak, makanan favorit yang kaya karbohidrat sederhanajika dikonsumsu berlebihan bisa membahayakan kesehatan, lho. Kenali, yuk,apa saja tandanya dan cara mengatasinya.

  1. Berat badan bertambah
    Jika kamu makan makanan tinggi karbohidrat, maka kelebihan karbohidrat (glikogen) akan disimpan bersama air. Setiap gram glikogen disimpan bersama dengan tiga gram air. Jika semakin banyak yang disimpan, maka berat badan pun ikut bertambah.

  2. Kurang berenergi
    Menurut American Heart Association, ketika tubuh mencerna karbohidrat sederhana (yag cepat dicerna), glukosa dilepaskan ke aliran darah dalam dosis cepat dan besar, sehingga membuat gula darah naik dengan cepat. Akibatnya “tabrakan gula” ini bikin badan menjadi kurang berenergi.

  3. Mengidam gula
    Ketika makan gula, maka otak melepaskan dopamin, hormon yang membuat ketagihan. Jadi, semakin banyak gula yang dimakan, maka semakin banyak dopamin yang didambakan. Kecanduan gula ini bisa selanjutnya meningkatkan risiko obesitas.

  4. Jerawat
    Dalam studi yang dimuat di Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, para peneliti mengidentifikasi korelasi antara jerawat sedang hingga parah dan konsumsi tambahan gula, produk susu, dan lemak jenuh di antara pria dan wanita dewasa muda.

  5. Kembung dan sembelit
    Kita membutuhkan serat untuk menjaga agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar, tetapi jika makan terlalu banyak karbohidrat sederhana dan kurang serat maka bisa berakibat kembung atau sembelit.

  6. Kolesterol tinggi
    Selain kadar gula darah yang lebih tinggi, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2,
    Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol, yang juga dapat menyebabkan diabetes tipe 2, bersamaan dengan peningkatan insiden stroke dan penyakit jantung.


Bagaimana mengatasinya?

  • Konsumsi karbohidrat sehat yang lambat dicerna seperti roti gandum 100%, oat potong baja, kacang-kacangan, lentil, serta buah dan sayuran utuh.
  • Hindari karbohidrat cepat cerna seperti sereal manis, roti putih, nasi putih, dan makanan ringan olahan.
  • Konsumsi NutriliteTM Carb Blocker 2 yang mengandung ekstrak white kidney bean, kedelai, dan konsentrat parsley untuk membantu memelihara kesehatan fungsi pencernaan. NutriliteTM Carb Blocker 2 membantu menguraikan karbohidrat dan membantu mengurangi karbohidrat dalam tubuh.

*https://www.jandonline.org/art...