28 JUL 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 381 DILIHAT 12 BAGIKAN

6 Tanda Daya Tahan Tubuh Lemah

Daripada terus khawatir tentang virus menular yang tak kunjung habisnya, lebih baik fokus pada kesehatan diri sendiri. Sudah kuatkah daya tahan tubuhmu? Cek, yuk, apa saja tanda daya tahan tubuhmu lemah.

  1. Perut sering bermasalah
    Sebagian besar sistem kekebalan (hampir 70%) berada di sistem pencernaan, termasuk usus. Bakteri dan mikroorganisme menguntungkan yang hidup di sana mempertahankan usus Anda dari infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh.Hati-hati jika sering mengalami masalah perut (selama berminggu-minggu) seperti sembelit, gas, dan diare.

  2. Sering stres
    Menurut laporan American Psychological Association*, stres jangka panjang melemahkan respons sistem kekebalan. Stres menurunkan limfosit tubuh, sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Semakin rendah kadar limfosit, maka semakin berisiko terkena virus.

  3. Pilek lebih dari 3 kali dalam setahun
    Rata-rata orang mengalami satu atau dua kali pilek setiap tahun. Jika pilek lebih dari 3 kali dalam setahun, kemungkinan besar sistem kekebalan tubuh lemah. Apalagi jika pilek tidak kunjung sembuh yang menjadi tanda sistem kekebalan sedang berjuang untuk mengimbanginya.

  4. Mudah lelah
    Lelah memang kondisi yang wajar karena aktivitas kita, namun jika sudah tidur nyenyak 2 malam tapi tubuh masih terasa lelah bisa jadi ada masalah pada sistem kekebelan tubuh.

  5. Luka lama sembuhnya
    Luka kecil seperti luka bakar, terpotong, tergores, dan tertusuk akan sembuh dalam waktu sekitar lima hari. Namun, jika luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari itu, bisa jadi sistem kekebalan tubuh lemah, sehingga tidak dapat membantu sel-sel kulit beregenerasi secara normal.

  6. Kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat
    Jika tidak memiliki gejala di atas tapi gaya hidupmu tak sehat (seperti merokok, makan junkfood, malas olahraga) kemungkinan sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik. Sebaiknya segera ubah gaya hidup sebelum semakin melemah dengan memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat, olahraga, tidur yang cukup, dan konsumsi suplemen seperti NutriliteTM Double XTM jika perlu. NutriliteTM Double XTM terdiri dari yang terdiri dari 12 vitamin esensial, 10 mineral esensial dan 22 konsentrat tumbuhan untuk membantu menjaga kesehatan seluruh tubuh dan menunjang antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas berlebih.

* https://www.apa.org/news/press...