11 MAY 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 1663 DILIHAT

4 Penyebab Mual Setelah Minum Vitamin

Pernah mengalami mual setelah minum vitamin?
Bisa jadi penyebabnya salah satu dari berikut ini.

  1. Mengonsumsi saat perut kosong
    Sebelum minum vitamin, cek dulu aturan pakainya apakah setelah atau sesudah makan. Kebanyakan vitamin dikonsumsi setelah makan karena kemungkinan bisa menyebabkan iritasi ringan pada perut yang kosong.

  2. Bentuk vitamin tidak cocok
    Suplemen hadir dalam berbagai bentuk, seperti kunyah, hisap, tablet, atau coated capsul (kapsul yang memiliki selaput yang berfungsi mengantarkan vitamin melewati lambung agar tak mengalami kerusakan). Kapsul berpelapis ini memang mencegah vitamin larut dengan cepat, tetapi dapat mengiritasi perut yang sensitif.

  3. Mengonsumsi terlalu banyak vitamin yang larut dalam lemak
    Kelebihan mengonsumsi vitamin larut air dapat dibuang oleh tubuh, sedangkan pada vitamin tidak larut lemak (A, D, E, dan K) meninggalkan endapan di tubuh yang bisa mengakibatkan rasa mual.

  4. Mengonsumsi vitamin berlebihan
    Perut akan lebih rentan terhadap mual jika melebihi batas kecukupan gizi harian (RDA), terutama vitamin C, E, dan zat besi, yang semuanya cenderung menyebabkan iritasi pada perut. Untuk vitamin C, pilih yang memiliki pelepasan lambat seperti Nutrilite Bio C Extended Release.

    Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, sehingga akan langsung diserap pada satu waktu dan cepat hilang dari tubuh. Vitamin C paling baik dikonsumsi dalam jumlah kecil secara teratur pelepasan vitamin C yang lebih lambat akan memaksimalkan jumlah yang diserap dari setiap dosis.
    Nutrilite Bio C Extended Release dengan pelepasan yang lambat, mengandung vitamin C dan dilengkapi dengan acerola cherry dan citrus bioflavonoid yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C untuk memelihara daya tahan tubuh. Nutrilite Bio C Extended Release lebih efektif dibandingkan dengan 1000 mg vitamin C instant release yang diminum dalam dosis tunggal.