05 OCT 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 718 DILIHAT

Cara Mudah Stabilkan Gula Darah

Keseimbangan gula darah yang tidak optimal dapat menyebabkan komplikasi umum, termasuk kelelahan dan penambahan berat badan. Kabar baiknya, dengan gaya hidup dan pola makan yang benar, menjaga kesehatan gula darah ternyata mudah dilakukan!

  1. Singkirkan makanan kemasan
    Buang semua makanan kemasan dan fokus pada makanan utuh berkualitas tinggi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta daging dan ikan berkualitas.

  2. Konsumsi serat
    Konsumsi makanan kaya serat seperti buah, sayur, dan biji-bijian, untuk memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Sumber serat yang baik antara lain sayuran berdaun hijau, brokoli, artichoke, raspberry, pir, buncis, lentil, kacang polong, alpukat, biji labu, dan oatmeal.

  3. Makan banyak protein berkualitas tinggi
    Seperti serat, protein meningkatkan sekresi insulin, menyebabkan peningkatan gula darah secara lebih bertahap setelah makan, sehingga membuat kenyang lebih lama.

  4. Konsumsi lemak sehat
    Seperti serat dan protein, lemak menyangga lonjakan gula darah. Pastikan untuk menghindari lemak olahan, termasuk lemak trans dan minyak nabati olahan. Sumber lemak berkualitas yang direkomendasikan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, ghee, minyak kelapa, alpukat, dan ikan berlemak seperti salmon.

  5. Ganti karbohidrat
    Menurunkan asupan karbohidrat secara keseluruhan juga bisa membantu mencapai kadar gula darah yang seimbang. Coba ganti karbohidrat olahan seperti roti, pasta putih, dan permen dengan sumber makanan utuh yang kaya serat seperti biji-bijian, ubi jalar, dan buah-buahan, yang mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan.

  6. Konsumsi kromium
    Kromium adalah mineral penting yang berperan dalam cara insulin membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Suplemen yang mengandung kromium seperti NutriliteTM Dia B Chrompic dapat membantu penderita diabetes menurunkan kadar gula darah. NutriliteTM Dia B Chrompic mengandung Chromium (dari Chromium Picolinate), ekstrak Garcinia Cambogia, dan Gymnema Sylvestre, yang mendukung metabolisme karbohidrat serta membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.